PLN Selesaikan Pemeliharaan Jaringan SUTT di Surabaya Barat untuk Keandalan Suplai Listrik

pln surabaya

Surabaya, Suarajatim.com - Dalam upaya menyediakan kelistrikan yang andal bagi masyarakat Jawa Timur, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan melakukan pemeliharaan rutin. General Manager PLN UIT JBM, Amiruddin, mengungkapkan bahwa pemantauan sistem transmisi dilakukan secara berkala untuk memastikan peralatan berfungsi optimal.


“Sistem transmisi ini ibarat jalan nasional, jadi sangat penting untuk dipelihara keandalannya karena suplai listriknya menjangkau wilayah yang sangat luas. Pemantauan rutin dilakukan, sehingga petugas dapat bergerak cepat jika terdapat peralatan yang terindikasi anomali,” kata Amiruddin.

Amiruddin menyebutkan bahwa PLN berhasil menyelesaikan pekerjaan setelah terdeteksi adanya anomali pada peralatan.

“Menjaga sistem transmisi ini tidak ada liburnya, setiap hari sistem transmisi dipantau. Hari ini, tim Pemeliharaan Jaringan ULTG (Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk) Gresik berhasil melakukan resetting arching horn pada 10 tower di jalur SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) 150 kV Sambikerep – Waru. Petugas segera merespon cepat setelah terindikasi anomali dan berhasil menyelesaikannya. Menyelesaikan pekerjaan menjadi komitmen PLN memastikan sistem transmisi tetap andal penuhi kebutuhan pelanggan, utamanya akhir pekan begini,” terang Amiruddin.

Lebih lanjut, Amiruddin menjelaskan pentingnya peralatan dalam menjaga keandalan sistem transmisi.

“Arching horn ini sebagai media pengaman isolator yang berfungsi melepas muatan lebih akibat over voltage yang disebabkan oleh terpaan petir di jaringan SUTT. Dilakukannya resetting arching horn isolator ini adalah langkah preventif karena dari pemantauan ukurannya sudah tidak sesuai dengan standar yang berlaku yaitu 75%-85%. Sementara kondisi yang terdeteksi eksistingnya 110 cm (61%) dengan asumsi panjang isolator sejumlah 12 keping adalah 180 cm menjadi 145 cm (80%), kondisi ini bisa merupakan dampak cuaca ekstrem,” papar Amiruddin.

Amiruddin menambahkan bahwa rampungnya pekerjaan ini memastikan sistem transmisi tetap aman dan andal.

“Peralatan kembali berfungsi optimal menjalankan fungsinya memastikan keandalan jaringan SUTT 150 kV Sambikerep – Waru yang menyuplai pelanggan di Wilayah Kota Surabaya Bagian Barat, terutama pusat perbelanjaan yang menjadi destinasi akhir pekan bersama keluarga,” pungkas Amiruddin.(*)

 

Baca utas PLN dari Google News

LihatTutupKomentar