Momentum Pembangunan Berkelanjutan: Ajakan Dirut PLN Selaraskan Langkah Menuju Mimpi Indonesia

SUARAJATIM - Di hadapan Presiden Joko Widodo dan para CEO perusahaan besar di Indonesia, Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, memberikan ajakan tegas agar langkah pembangunan nasional terus selaras demi mewujudkan visi Indonesia di masa depan. Ajakan ini disampaikan dalam acara Kompas100 CEO Forum 2024 yang digelar di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Jumat (11/10).

Dalam acara Kompas100 CEO Forum yang berlangsung di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Jumat (11/10), Presiden RI Joko Widodo (kiri) menyampaikan, Indonesia berhasil naik peringkat dari 42 menjadi 27 dalam global competitiveness ranking dan juga melompat dari urutan 97 menjadi 54 dalam global innovation ranking sebagai dampak dari pembangunan beragam infrastruktur di seluruh Tanah Air.


Acara tersebut juga dihadiri oleh Presiden Jokowi yang dalam sambutannya memaparkan sejumlah capaian pembangunan nasional. Menurutnya, keberhasilan pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia telah mendorong peningkatan posisi negara ini dalam berbagai peringkat global.

“Indonesia berhasil naik dari peringkat 42 menjadi 27 dalam global competitiveness ranking, dan melompat dari urutan 97 ke 54 dalam global innovation ranking,” ungkap Presiden.

Presiden Jokowi menekankan bahwa pembangunan infrastruktur memiliki dampak nyata terhadap daya saing Indonesia di panggung global. “Ini angka-angka yang menunjukkan hasil konkret, yang akan memperkuat daya saing kita,” ujarnya.

Keberhasilan ini juga menjadi landasan bagi Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Presiden Jokowi menyatakan bahwa Prabowo telah menetapkan target ambisius untuk mencapai pertumbuhan ekonomi hingga 8% per tahun.

“Jika kita berhasil, lima tahun ke depan GDP per kapita kita bisa di atas 8.000 USD,” jelas Jokowi.

Namun, menurut Jokowi, pencapaian target tersebut tidak akan mudah dan memerlukan perhitungan yang matang serta keberanian dalam pengambilan keputusan. Ia meyakini bahwa Prabowo memiliki kemampuan untuk mewujudkan visi ini.

“Saya yakin Bapak Prabowo Subianto mampu membawa kita ke angka-angka yang kita harapkan,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Darmawan Prasodjo mewakili para CEO menyampaikan pandangannya tentang pentingnya pemerataan infrastruktur sebagai fondasi pertumbuhan ekonomi Indonesia selama satu dekade terakhir.

“Infrastruktur seperti jalan tol, bandara, dan pelabuhan telah mulai menghasilkan pertumbuhan ekonomi baru di berbagai wilayah,” kata Darmawan.

Ia mencontohkan pertumbuhan listrik yang pesat di sepanjang jalur tol Bakauheni hingga Palembang sebagai bukti nyata dari pembangunan yang telah dilakukan. Menurutnya, capaian-capaian positif ini dapat terus diakselerasi di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto.

“Di bawah kepemimpinan beliau, kita yakin pembangunan yang sudah berjalan akan dipercepat dan diperkuat. Mari kita selaraskan langkah untuk melanjutkan pembangunan ini dan mewujudkan mimpi Indonesia,” ajak Darmawan kepada para CEO yang hadir.

Dengan optimisme yang tinggi dari para pemimpin perusahaan dan dukungan penuh dari pemerintah, Indonesia tampaknya berada pada jalur yang tepat untuk mencapai visi ekonomi yang lebih kuat dan berdaya saing tinggi di masa depan.

LihatTutupKomentar