PLN Selesaikan Tiga Infrastruktur Kelistrikan Tegangan Tinggi untuk IKN Nusantara

Proses pembangunan terowongan Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) di bawah tanah guna menghadirkan aspek estetik pada kelistrikan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Suarajatim.com - PT PLN (Persero) telah menyelesaikan tiga infrastruktur bertegangan tinggi guna mendukung sistem kelistrikan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Ketiga infrastruktur ini mencakup 1 unit Gas Insulated Switchgear (GIS) dan 2 unit jaringan transmisi bertegangan 150 kilovolt (kV), dengan tingkat komponen dalam negeri mencapai 67,29%.


Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan komitmen PLN dalam mendukung pembangunan IKN dengan konsep Kota Hutan (Forest City) yang ramah lingkungan, pintar, dan estetis. 


“Kami berkomitmen penuh mendukung infrastruktur kelistrikan hijau di IKN. Ini akan menjadi Ibu Kota yang terbaik dengan teknologi canggih, menggunakan sumber energi bersih yang didukung oleh teknologi pintar berbasis Kecerdasan Buatan (AI) paling mutakhir dan estetik,” ujar Darmawan.


Darmawan juga menambahkan bahwa penyelesaian infrastruktur kelistrikan ini merupakan kontribusi PLN dalam mempercepat pembangunan IKN serta kesiapan untuk upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada 17 Agustus yang akan dipimpin Presiden Joko Widodo.


“PLN terus menyiapkan sistem kelistrikan yang selaras dengan grand design pembangunan IKN. Termasuk untuk persiapan upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI Agustus nanti, kami telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mendukung suksesnya momen bersejarah di IKN tersebut," jelasnya.


General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur, Raja Muda Siregar, menjelaskan bahwa ketiga infrastruktur tersebut berhasil diselesaikan dalam waktu kurang dari satu tahun tanpa mengganggu sistem kelistrikan yang ada.


“Kami berhasil melakukan energize perdana untuk ketiga infrastruktur ini tanpa mengganggu sistem kelistrikan yang ada dan diselesaikan dalam waktu kurang dari satu tahun,” kata Raja.


Raja juga menyebutkan bahwa kedua jaringan transmisi ini memiliki panjang total 52,8 kilometer sirkuit (kms), dan GIS IKN merupakan yang pertama di Kalimantan Timur dengan kapasitas sebesar 120 Megavolt ampere (MVA).


Selain itu, Raja mengapresiasi kolaborasi antara pemerintah setempat, aparat, masyarakat, dan mitra kerja yang telah membantu penyelesaian infrastruktur kelistrikan ini.


"Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan dari semua stakeholder terkait sehingga PLN dapat menyelesaikan penyediaan infrastruktur kelistrikan untuk IKN Nusantara,” pungkas Raja.(*)


Baca utas PLN dari Google News

LihatTutupKomentar