PLN Dukung Keandalan Kelistrikan di Bali International Air Show 2024

SUARAJATIM - PLN berhasil menjaga keandalan sistem kelistrikan selama dua event internasional, yaitu Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia Africa Forum (IAF) dan High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnerships (HLF MSP), yang digelar di Bali pada awal September.

PLN menjaga keandalan kelistrikan selama Bali International Air Show 2024 dengan posko siaga dan inspeksi sistem real-time.


Setelah sukses di kedua acara tersebut, PLN kembali menunjukkan komitmennya dengan menyiagakan petugas untuk mendukung kelistrikan pada Bali International Air Show (BIAS) 2024 yang berlangsung pada 18-21 September.

General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM), Amiruddin, menyatakan bahwa petugas telah disiagakan mulai 17 September untuk memastikan keandalan sistem kelistrikan selama BIAS 2024.

"Kami telah menyiapkan posko siaga di berbagai titik obvitnas yang tersebar dari Gardu Induk (GI) di Jawa Timur hingga enam posko di Bali. Dengan demikian, sistem kelistrikan dapat dipantau secara real-time selama acara berlangsung," jelas Amiruddin.

Selama masa siaga, PLN meningkatkan inspeksi instalasi dengan metode online untuk memastikan keandalan sistem.

"Kami juga melakukan tindakan preventif dan memastikan tidak ada pekerjaan terencana selama masa siaga. Tindakan darurat dilakukan menggunakan metode PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) agar kelistrikan tetap stabil," tambahnya.

Amiruddin menekankan pentingnya koordinasi intensif dengan berbagai pihak, termasuk TNI, Kepolisian, dan BIN, guna menjaga keamanan instalasi dan menghindari gangguan, seperti layang-layang yang dapat mengancam transmisi.

"Kami juga terus melakukan patroli dan berkoordinasi dengan seluruh stakeholder untuk memastikan keamanan sistem transmisi selama acara berlangsung," ungkapnya.

Kolaborasi antara PLN dan berbagai pihak terkait, baik di Jawa Timur maupun Bali, telah berperan penting dalam kelancaran acara-acara besar yang sering digelar di Bali. PLN berharap dukungan dari seluruh pihak akan terus berlanjut demi menjaga nama baik Indonesia di panggung internasional.

LihatTutupKomentar