PLN Raih Penghargaan Kemenko Perekonomian atas Penyelesaian Proyek Strategis Nasional

Suarajatim.com - Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, menerima penghargaan Pencapaian Proyek Strategis Nasional (PSN) dari Kementerian Koordinator Perekonomian pada Kamis (18/7). Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas keberhasilan PLN menyelesaikan proyek-proyek strategis nasional sesuai dengan target. PLN dianggap telah menunjukkan upaya maksimal dalam mempercepat dan menyelesaikan proyek-proyek yang menjadi motor penggerak perekonomian nasional.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menerima penghargaan dari Kemenko Perekonomian


Presiden Republik Indonesia Terpilih, Prabowo Subianto, menyampaikan bahwa salah satu kunci percepatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi adalah infrastruktur yang terintegrasi. Menurutnya, percepatan pembangunan sangat penting dan harus didukung oleh Kebijakan Satu Peta.

"Dalam situasi geopolitik dan ekonomi global yang tidak menentu, diperlukan langkah strategis dan kepastian iklim usaha yang efisien," ujar Prabowo dalam acara Peluncuran Geoportal Kebijakan Satu Peta 2.0 dan White Paper One Map Policy Beyond 2024.

Prabowo menekankan pentingnya Kebijakan Satu Peta dalam mendorong pertumbuhan investasi dan berkomitmen melanjutkan kebijakan strategis untuk memaksimalkan potensi Indonesia di masa depan.

"Percepatan pembangunan ini sangat penting bagi masa depan bangsa. Saya optimis kita bisa mencapai pertumbuhan ekonomi 8%," kata Prabowo.

Sejalan dengan Prabowo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, juga menegaskan bahwa Kebijakan Satu Peta sangat penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Menurutnya, PSN akan menjadi pendorong utama perekonomian nasional.

"Kebijakan satu peta ini sangat penting dan akan terintegrasi dengan proses perizinan dalam OSS, tata ruang, dan upaya strategis lainnya untuk penyelesaian PSN. Langkah ini akan dilanjutkan dalam One Map Policy 2.0," kata Airlangga.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, yang mewakili 18 perusahaan BUMN penerima penghargaan, menjelaskan bahwa PLN memiliki peran penting dalam peningkatan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat melalui PSN.

"Listrik bukan hanya kebutuhan primer masyarakat tetapi juga keandalan listrik dapat meningkatkan iklim investasi di Indonesia. PLN bersama Pemerintah terus mempercepat pembangunan infrastruktur kelistrikan yang strategis agar manfaatnya dirasakan masyarakat dan stakeholder di Indonesia," kata Darmawan.

Salah satu proyek strategis yang telah diselesaikan PLN adalah PLTS Terapung Cirata dengan kapasitas 192 Megawatt peak (MWp), yang merupakan PLTS terbesar di Asia Tenggara dan berkontribusi pada peningkatan bauran energi baru terbarukan di Indonesia.

Selain itu, PLN juga terus mengembangkan infrastruktur pendukung interkoneksi antar sistem kelistrikan seperti proyek Tol Listrik Sumatra. Pada Mei 2024, PLN berhasil mengoperasikan SUTET 275 kilovolt (kV) yang menghubungkan Muara Enim dan Gumawang.

"Sebagai bagian dari PSN, Tol Listrik Sumatra akan terus dikembangkan sehingga kelistrikan di Pulau Sumatra semakin terhubung dan andal," ujarnya.

Darmawan menambahkan bahwa PLN akan terus menggenjot berbagai proyek infrastruktur kelistrikan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk pembangkit, transmisi, dan jaringan distribusi, untuk mendorong ekonomi masyarakat dan pertumbuhan industri.

"PLN berkomitmen untuk menjadi garda depan dalam mendorong perekonomian nasional dan akan terus meningkatkan konektivitas listrik ke seluruh pelosok negeri, menjadi pionir dalam mendongkrak perekonomian nasional," pungkas Darmawan.

LihatTutupKomentar