iklan jual beli mobil

PLN UIT JBM Gelar Apel Kesiapan Listrik Nasional untuk Lebaran 2024

Apel Kesiapan Listrik Nasional

Suarajatim.com - Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, memimpin Apel Kesiapan Listrik Nasional secara serentak di seluruh Indonesia, bertempat di Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Gresik, Jawa Timur pada Sabtu (6/4).


Apel ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

PLN UIT JBM (Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali) turut serta dalam memastikan kesiapan keandalan sistem transmisi listrik di Jawa Bagian Timur dan Bali.

General Manager PLN UIT JBM, Amiruddin, menjelaskan bahwa seluruh pasukan telah disiagakan dalam masa siaga Idul Fitri 1445 H.

"Selama masa siaga Idul Fitri mulai tanggal 3 – 19 April 2024, seluruh pasukan telah disiagakan pada posko siaga yang berada pada lokasi masing-masing UPT. Termasuk pada tinjauan lapangan langsung Dirut PLN ke Jawa Timur lalu ke PLTU Paiton, petugas kami di GITET 500 kV Paiton disiagakan selama 24 jam untuk memantau sistem transmisi tetap andal dan aman. Selama apel kelistrikan berlangsung, seluruh UPT juga ikut bergabung secara virtual, dan juga memastikan kesiapan peralatan di lokasi masing-masing," ujar Amiruddin.

Amiruddin menegaskan bahwa PLN UIT JBM telah melakukan pemeliharaan secara intensif sebelum masa siaga, untuk memastikan optimalnya fungsi peralatan. Selama masa siaga, kegiatan pemeliharaan hanya dilakukan jika ditemukan indikasi masalah yang memerlukan tindakan cepat.

Untuk memastikan kesiapan personel, PLN UIT JBM menyiagakan 1536 personel pada 16 posko siaga yang tersebar di seluruh wilayah kerja dan obvitnas (objek vital nasional) PLN UIT JBM. Kesiapan peralatan pendukung juga telah disiapkan, termasuk kendaraan darurat dan peralatan lainnya.

Amiruddin menambahkan bahwa kegiatan preventif juga dilakukan, seperti inspeksi untuk memastikan keamanan jaringan transmisi dari gangguan eksternal. Kolaborasi dengan stakeholder juga terus dilakukan untuk mengoptimalkan keamanan instalasi jaringan.

Dengan semua langkah kesiapan yang telah dilakukan, PLN berkomitmen untuk memberikan layanan kelistrikan yang andal selama masa Lebaran.

Amiruddin juga mengajak masyarakat untuk turut serta dalam menjaga keamanan infrastruktur PLN di daerah masing-masing, dengan tidak bermain layang-layang atau menerbangkan balon udara dekat dengan jaringan transmisi, serta melaporkan jika menemukan hal yang mencurigakan melalui aplikasi PLN Mobile.(*)

 

Ikuti berita PLN lainnya di Google News

LihatTutupKomentar