iklan jual beli mobil

Setelah Penantian 10 Tahun, PLN dan Serikat Pekerja Sepakat Akselerasi Transformasi Perusahaan

  • Setelah menanti 10 tahun lamanya, akhirnya manajemen dan serikat pekerja PLN melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama. Dengan begitu, diharapkan sumbatan yang ada di keduabelah pihak dapat diselesaikan demi mempercepat proses transformasi perusahaan.

Jakarta, Suarajatim.com - PT PLN (Persero) dan Serikat Pekerja PLN (SP PLN) menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB) sebagai bentuk upaya bersama dalam mempercepat proses transformasi perusahaan. 


Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dengan Ketua Serikat Pekerja PLN Muhammad Abrar Ali dan disaksikan oleh Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor bertempat di Kantor Pusat PLN pada Rabu (12/10). 


Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor mengapresiasi langkah antara manajemen dengan Serikat Pekerja PLN yang mengedepankan dialog dalam mengeratkan komunikasi. 


"Dialog sosial itu penting sehingga komunikasi dapat berjalan baik. Apapun yang terjadi, bisa diselesaikan dengan diskusi dan dialog. Sumbatan dapat kita selesaikan dengan arif dan bijaksana. Saya imbau bangun semua kekuatan, rangkul semuanya, ajak semua kerja sama dan membesarkan PLN, rumah bersama ini," ujar Afriansyah. 


Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengungkapkan bahwa kesepakatan ini adalah wujud perusahaan dalam memberikan dukungan pada pengembangan karir dan kesejahteraan pegawai, sehingga mereka dapat mengembangkan kompetensi dan karir di berbagai lini bisnis PLN. 


"Sekarang, dengan PKB baru, kita tegaskan lagi bahwa hak-hak dan kesejahteraan pegawai tidak akan ada yang berkurang. Di dalam PKB juga diatur bahwa tidak ada perubahan status dari pegawai," ujar Darmawan. 


Lebih lanjut Darmawan mengatakan bahwa PLN merupakan jantungnya Indonesia, yang mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi. Namun, hal tersebut tidak bisa berjalan sukses tanpa semangat dan kerja keras dari seluruh lapisan insan PLN.  


"Dalam proses transformasi, kita harus membangun kekeluargaan yang erat sehingga bisa mencapai tujuan bersama. Semoga PLN akan terus berjaya di masa depan," ujar Darmawan.

 

Muhammad Abrar Ali, selaku Ketua Serikat Pekerja PLN, mengatakan bahwa momentum kesepakatan ini sudah dinantikan oleh serikat pekerja sejak 10 tahun lalu. Dengan adanya kesepakatan ini, harapannya manajemen dan serikat pekerja dapat  menyelaraskan visi misi dalam mencapai tujuan PLN ke depannya. 


"Fungsi dari PKB ini untuk menyatukan visi. Kita sering berbeda pendapat antara SP dan Manajemen. Lewat dialog, kita mencari titik persamaan dalam mencapai visi misi perusahaan kita ke depan. Ini bisa kita temukan, yang kita sepakati bahwa PLN adalah jantungnya Indonesia terutama dalam mengelola listrik. Kita berkolaborasi bersama untuk bisa memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara," ujar Abrar.(*)


Baca berita PLN yang lain di Google News

LihatTutupKomentar