PLN Dukung UMKM Muda dan Disabilitas di Inacraft 2024

SUARAJATIM - PT PLN (Persero) siap berpartisipasi dalam perhelatan International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024 dengan mengusung tema "Synergize Your Craft Power." Acara yang digelar di Hall A, JCC Senayan, Jakarta, pada 2-6 Oktober ini menjadi ajang bagi PLN untuk memamerkan produk-produk unggulan dari 15 UMKM muda dan 2 UMKM disabilitas binaannya.

Turut tampil di Inacraft 2024, DW Studio mengkolaborasikan etnik dengan gaya kekinian menghasilkan fashion kontemporer dan beberapa produknya menggunakan bahan daur ulang. Mitra binaan PLN yang berasal dari Yogyakarta ini juga akan berkolaborasi dengan seniman Wacky.


Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto, menegaskan bahwa keikutsertaan PLN dalam Inacraft 2024 adalah bentuk komitmen perusahaan terhadap program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) untuk mendukung kemajuan UMKM Indonesia.

“Kami tidak hanya berfokus pada penyediaan listrik yang andal, tapi juga berkomitmen untuk memajukan UMKM di Indonesia. UMKM adalah pilar ekonomi bangsa, dan kami ingin mereka naik kelas,” ungkap Gregorius.

Pada gelaran ini, PLN membawa produk yang berfokus pada keberlanjutan dan kreatifitas, termasuk produk-produk dari berbagai wilayah di Indonesia. Beberapa produk unggulan yang dipamerkan antara lain kerajinan dari plastik daur ulang oleh Paste Lab asal Yogyakarta, aksesoris dari make-up kadaluarsa oleh Hexagon Jakarta, serta fashion berbahan limbah kain dan jeans bekas oleh Didik Warsito dan D'Belel.

Kolaborasi juga menjadi fokus utama. PLN menggandeng dua seniman, Wacky dan Yessiow, untuk menciptakan produk fashion dan kerajinan dari plastik daur ulang, yang diharapkan bisa menarik perhatian pasar. Selain itu, PLN mengikutsertakan dua UMKM yang bekerja sama dengan komunitas disabilitas. Kreaby, misalnya, memproduksi fashion dan tumbler hasil karya anak-anak autism, sementara Puka menghasilkan aksesoris dengan memberdayakan penyandang disabilitas.

“Partisipasi PLN di Inacraft 2024 diharapkan dapat membantu UMKM binaan kami memperluas pasar, tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga internasional,” pungkas Gregorius.

Dengan kehadiran di acara bergengsi ini, PLN berharap UMKM yang menjadi mitranya dapat semakin dikenal dan mampu bersaing di pasar global.

LihatTutupKomentar