PLN Electric Run 2024: Lari Bersama untuk Lingkungan yang Lebih Bersih, Berhadiah Fantastis

SUARAJATIM - PT PLN (Persero) akan menggelar ajang PLN Electric Run 2024 di Scientia Park, Gading Serpong, Tangerang, pada Minggu (6/10). Acara ini membawa tema "Power Up Togetherness", yang bertujuan mengajak ribuan pelari tidak hanya berkompetisi, tetapi juga berkontribusi dalam gerakan ramah lingkungan dengan mengurangi emisi karbon.

Peserta PLN Electric Run 2023 saat memulai lari dari garis start di Scientia Park, Gading Serpong, Tangerang tahun lalu. Antusiasme masyarakat akan event lari ini semakin tinggi, terbukti dengan peningkatan jumlah peserta dari 5.000 peserta di tahun lalu, naik menjadi 6.000 peserta pada tahun ini di mana tiket yang disediakan ludes hanya dalam hitungan jam.


Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyampaikan bahwa acara ini merupakan bagian dari komitmen PLN untuk mempromosikan kolaborasi masyarakat dalam mengurangi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang menyebabkan polusi.

"Melalui event ini, kami mengundang masyarakat untuk berlari dengan membawa semangat pembaruan dan menjaga lingkungan melalui pengurangan emisi karbon," ucapnya.

Teknologi Ramah Lingkungan Pertama di Indonesia
Event lari ini akan diikuti sekitar 6.000 peserta, dan PLN menargetkan mampu mengurangi emisi hingga 14.363 kg CO2. Gregorius Adi Trianto, Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, menyatakan dalam konferensi pers pada Jumat (4/10), bahwa PLN Electric Run 2024 akan menjadi acara pertama di Indonesia yang menggunakan 100% energi terbarukan.

"Kami akan menggunakan generator berbahan bakar green hydrogen, yang merupakan teknologi baru di Indonesia. Bahkan kendaraan operasional panitia juga akan memakai motor dan mobil listrik," jelasnya.

Dengan tiga kategori lari, yaitu 5K, 10K, dan 21K (half marathon), PLN Electric Run 2024 menjanjikan pengalaman berlari yang menarik dengan hadiah fantastis.

“Kami menyediakan total hadiah podium sebesar 730 juta rupiah, serta hadiah mobil listrik untuk pelari yang berhasil memecahkan rekor half marathon Indonesia,” tambah Gregorius.

Persiapan Matang dan Fasilitas Lengkap
Adi Prinantyo, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas, menjelaskan bahwa persiapan acara ini telah matang, bekerja sama dengan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dan pihak keamanan setempat. Fasilitas terbaik disiapkan untuk mendukung kenyamanan pelari.

"Kami telah menyiapkan 12 titik water station serta tenda medis sepanjang jalur lomba untuk memastikan keselamatan para peserta," kata Adi.

Selain itu, PLN juga menghadirkan berbagai aktivitas edukatif selama kegiatan pengambilan race pack yang berlangsung dari Jumat hingga Sabtu. Peserta akan diajak belajar mengenai cara mengurangi CO2 dan berpartisipasi dalam pengumpulan limbah elektronik (e-waste).

"Pada race village di hari Minggu, akan ada live counting pengurangan CO2 dari pelari yang finish, serta berbagai game interaktif yang memotivasi keterlibatan aktif para peserta," tambah Adi.

PLN Electric Run 2024 menjadi simbol nyata kontribusi bersama untuk lingkungan yang lebih baik, sekaligus ajang rekreasi yang membawa pesan penting tentang keberlanjutan dan inovasi teknologi ramah lingkungan di Indonesia.

LihatTutupKomentar