Lestari Award 2024: Dirut PLN Sabet Sustainable Leader of The Year in Energy Transition

SUARAJATIM - Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, menerima penghargaan sebagai Sustainable Leader of The Year in Energy Transition pada Lestari Award 2024, yang digelar Rabu (21/08). Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas peran aktif Darmawan dalam mendorong berbagai inisiatif serta kolaborasi dalam proses transisi energi yang membawa dampak positif bagi perusahaan yang dipimpinnya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya (kiri) saat menyerahkan penghargaan Sustainable Leader of The Year in Energy Transition di ajang Lestari Award 2024 kepada Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo yang diwakili oleh Sekretaris Perusahaan PLN Alois Wisnuhardana (kanan) di Jakarta, Rabu (21/8).


PLN Group juga berhasil meraih penghargaan terbanyak di acara tersebut, dengan tambahan dua penghargaan lainnya. PLN menerima penghargaan dalam kategori Pengelolaan Limbah melalui program PLN Wastewise yang memanfaatkan fly ash bottom ash. Selain itu, PLN Nusantara Power memenangkan penghargaan di kategori Energi Terbarukan melalui proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung di Cirata, Jawa Barat.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, memberikan apresiasi kepada individu, perusahaan, dan pemerintah daerah yang telah berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan. Ia juga menekankan pentingnya menghadapi tantangan global terkait perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati, serta masalah polusi dan limbah yang memicu krisis kemanusiaan. Menurutnya, seluruh pihak perlu bertindak bersama untuk masa depan yang lebih baik.

“Kita memerlukan tindakan nyata dan segera untuk menyeimbangkan kembali hubungan manusia dengan alam,” ujarnya, sambil berharap penghargaan ini dapat menginspirasi pengembangan bisnis berkelanjutan.

Chief Marketing Officer Kompas Gramedia Media, Dian Gemiano, menyampaikan bahwa pemenang Lestari Award 2024 dipilih secara ketat oleh lembaga audit EY dan asesor yang ahli di bidang keberlanjutan. Keputusan sepenuhnya berada di tangan para asesor.

Darmawan Prasodjo, dalam pidatonya, menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan yang diterima. Ia menegaskan bahwa penghargaan ini merupakan motivasi bagi seluruh insan PLN untuk terus berinovasi dalam memastikan keberlanjutan proses bisnis.

“Penghargaan ini didedikasikan untuk seluruh insan PLN yang berkomitmen menjaga keberlanjutan,” ujar Darmawan.

Di bawah kepemimpinannya, PLN terus melakukan transformasi untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia dengan fokus pada prinsip-prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), yang dinilai penting dalam mengatasi krisis iklim dan mendorong transisi energi.

Salah satu bukti nyata komitmen PLN dalam transisi energi adalah beroperasinya PLTS Terapung Cirata di Purwakarta, Jawa Barat, yang memiliki kapasitas 192 megawatt peak (MWp). Pembangkit ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara dan mampu menyediakan listrik bagi 50 ribu rumah.

Darmawan menambahkan, PLN telah menyusun peta jalan untuk mempercepat transisi energi di Indonesia dengan target peningkatan bauran energi baru terbarukan (EBT) hingga 75% atau setara dengan 61 GW pada tahun 2040. Transisi energi ini, menurutnya, penting untuk menjaga momentum pembangunan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan menjaga lingkungan hidup.

“Transisi energi ini sangat penting bagi masa depan Indonesia,” pungkas Darmawan.

LihatTutupKomentar